Berhenti Menyalahkan Keadaan

Kadang-kadang kita merasa dalam situasi yang tidak mengizinkan kita memperoleh apa yang kita inginkan. Sering kali kita menunjuk orang lain sebagai orang yang bertanggung jawab atas kegagalan kita. Sejumlah orang menyalahkan orang tua mereka yang tidak bisa memberikan kebahagiaan hidup sebagaimana yang diimpikan, seperti kesulitan ekonomi, hubungan keluarga yang buruk, dan lain-lain sebagai alasan ketidakbahagiaan dan kurangnya kesuksesan mereka.

Memang benar bahwa kehidupan menghadirkan banyak kesulitan, dan tidak terbantahkan bahwa rasa sakit dan penderitaan yang dialami menyebabkan seseorang secara manusiawi ingin menempatkan diri sebagai ‘korban’. Ada keuntungan semu, dimana berperan menjadi korban merupakaan posisi yang aman untuk membenarkan keberadaannya dalam kondisi yang tidak memuaskan pada kehidupan, dan lari dari tuntutan usaha yang diperlukan untuk bertanggung jawab penuh atas kehidupan dan kesejahteraannya sendiri. Namun, kebiasaan menyalahkan keadaan atau orang lain dari waktu ke waktu justru melanggengkan kesedihan, dendam, dan ketidakberdayaan. Ini biasa disebut sebagai “Quiet Desperation”. Jika anda mengalami hal ini, saatnya anda merenungkan quote berikut :

“Ketika kita menyalahkan, kita sedang menyerahkan kekuatan kita.” (Greg Anderson)

Seringkali, mereka yang menjadi sasaran kesalahan anda tidak tahu (atau tidak peduli) tentang bagaimana perasaan anda. Anda sebenarnya hanya menyakiti diri sendiri dengan membangun sebuah ‘penjara’ bagi kesedihan dan dendam anda sendiri. Perasaan anda mungkin saja benar, tapi tidak akan membantu anda menjadi bahagia, sehat, dan sukses.

“Cara terbaik untuk melakukan balas dendam adalah menjalani kehidupan yang lebih baik.” (Chloe Neill)

Jika hidup anda merasa hidup anda tidak sempurna, buatlah hidup dengan baik meskipun dalam ketidaksempurnaan. Menyalahkan keadaan maupun orang lain sama sekali tidak menghentikan ketidakadilan yang mungkin anda rasakan. Bisa jadi anda terus menerus merasa membutuhkan simpati dari orang lain dan menginginkan mereka menolong anda. Tapi hidup ini bukan tentang mereka, bukan kepentingan mereka, ini hidup anda. Anda perlu melakukan ini untuk diri sendiri, untuk mendapatkan kembali kebebasan dan kekuatan yang anda miliki.

Singkatnya, menyalahkan orang lain sebagai penyebab kegagalan atau ketidakbahagiaan kita adalah hal yang mudah, tapi dalam jangka panjang kita akan semakin kalah, karena akan makin banyak waktu dan kesempatan yang terbuang untuk memimpin hidup kita sendiri pada tujuan yang kita diinginkan. Menyalahkan keadaan adalah adalah membuang-buang waktu, seberapa pun banyaknya kesalahan yang Anda temukan pada mereka. Anda mungkin berhasil membuat orang lain merasa bersalah atas sesuatu dengan menyalahkannya, tapi anda tidak akan berhasil mengubah apapun tentang anda yang membuat anda tidak bahagia. “

“Orang-orang selalu menyalahkan keadaan mereka. Saya tidak percaya pada keadaan. Orang-orang yang memperoleh apa yang diinginkan di dunia ini adalah orang-orang yang bangun dan mencari keadaan yang mereka inginkan. Jika mereka tidak dapat menemukan maka mereka akan menciptakannya“ (George Bernard Shaw)

Dian A.

Sumber : How to Let Go of Negative Thoughts & Emotions – A Practical Guide (Preston Ni)

2020-04-08T12:24:05+00:00